Banjir Bandang, Rusak Sejumlah Jembatan dan Rendam Rumah Warga Pagaralam

Pewarta: Terbit pada: 7 Mei 2021

Foto : Kondisi badan jalan di pangkal Jembatan Cawang Kelurahan Rebah Tinggi, Kecamatan Dempo Utara, yang putus akibat dihantam banjir bandang, akibatnya membuat lobang selebar 5 meter dengan panjang 3 meter. (Foto/HB/dok.2021)

PAGARALAM HB- Hujan deras yang mengguyur Kota Pagaralam dan sekitarnya sejak pukul 15.00 WIB hampir 5 jam membuat intensitas serta luapan air meningkat sehingga terjadi banjir bandang membuat sejumlah jembatan putus dan rumah warga setempat terendam air.
Kerusakan terparah terjadi terhadap jembatan Cawang Kelurahan Rebahan Tinggi Kecamatan Dempo Utara, melintasi Sungai Selangis.
Penelusuran harianbesemah. com, kondisi pangkal jembatan mengalami kerusakan cukup parah akibat terkikis air, sehingga membuat lobang sedalam 4 meter dengan lebar sekitar 3 meter tepat di pangkal jembatan sehingga meninggalkan sekitar 1 meter bagian jembatan.
Kondisi saat ini sudah di pasang pagar pembatas jalan dan sejumlah petugas terlihat membersihkan kayu-kayu yang tersangkut di pondasi jembatan.
Akibat kerusakan ini jalur ini hanya bisa dilalui pejalan kaki dan sepeda motor, karena sebagian besar badan jalan amblas akibat tergros air.
“Kejadian ini pada saat hujan deras datang, yang menimbulkan bajir bandang membuat sungai meluap dan menggros pondasi jembatan sehingga amblas sekitar 3 meter dengan lebar 5 meter,” kata Afan warga setempat.
Menurut dia, memang jembatan ini sudah cukup lama dibangun sementara belum ada upaya perawatan sehingga sangat muda rusak bila dihantam air saat banjir.
“Sejak Pagaralam terbentuk jembatan ini sudah ada, yang dibangun pada saat masih bergabung dengan Kabupaten Lahat, kemudian kondisi sungai juga banyak melebar akibat sering banjir pada musim hujan,” ujar dia lagi.
Sementara itu Plt Kepala Dinas PUPR, Yudiansyah ST mengatakan, segera melakukan pendataan untuk perbaikan.
“Kita akan data untuk segera dilakukan perbaikan agar kerusakan bisa datasi,” kata dia. (02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × two =