Audiensi dengan Bupati Lahat, Kakanwil Ilham Djaya Bahas 3 Isu Strategis

  • Bagikan

Lahat – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan, Dr. Ilham Djaya melakukan Audiensi dengan Bupati Kabupaten Lahat, Cik Ujang bertempat di Ruang Kerja Bupati, Senin (30/1).

Bupati Lahat didampingi Wakil Bupati, Haryanto, dan Sekretaris Daerah, Chandra menyambut hangat kedatangan Kakanwil dan rombongan. Dalam audiensi ini dibahas beberapa agenda penting, yakni Evaluasi Desa/Kelurahan Sadar Hukum, Indikasi Geografis di Kabupaten Lahat, serta permasalahan overcrowded di Lapas Lahat.

Dalam sambutannya, Kakanwil menyampaikan apresiasinya kepada Bupati Lahat yang saat ini sudah mengusulkan 49 Desa/Kelurahan Sadar Hukum di Kabupaten Lahat. “Ini tentunya jumlah yang sangat luar biasa dan dapat memberikan efek domino yang baik nantinya,” ungkap Kakanwil.

“Selanjutnya saya berharap agar Bupati Lahat dapat memberikan dukungan serta mendorong 49 Desa/Kelurahan ini untuk nantinya bisa memenuhi 4 dimensi kriteria penilaian Desa/Kelurahan Sadar Hukum,” lanjut Kakanwil.

Kakanwil juga menyampaikan agar Bupati Lahat melalui OPD terkait dapat memberikan dukungan terhadap indikasi geografis yang ada di Kabupaten Lahat, yakni Kopi Robusta Jarai. “Saya pikir Kopi Robusta Jarai ini merupakan salah satu komoditas yang menjanjikan, jika didukung secara penuh pastinya akan dapat meningkatkan perekonomian Kabupaten Lahat, khususnya bagi petani kopi tersebut,” jelas Kakanwil.

Pada kesempatan tersebut, turut dibahas terkait permasalahan overcrowded di Lapas Lahat. Kakanwil mengatakan, bangunan Lapas Lahat saat ini sudah tidak memadai untuk menampung jumlah WBP. “Untuk itu melalui kesempatan ini, saya juga memohon bantuan dari Pemkab Lahat untuk menghibahkan tanah yang nantinya dapat kita gunakan untuk pembangunan Lapas baru di Lahat,” ungkap Kakanwil.

Selanjutnya, Bupati Lahat, Cik Ujang memyampaikan terima kasih atas saran dan usulan yang telah disampaikan oleh Kakanwil Kemenkumham Sumsel. Bupati Lahat menyampaikan dukungannya terkait tiga isu yang dibahas dalam pertemuan tersebut.

Bupati Lahat menjelaskan bahwa pihaknya melalui OPD sudah melaksanakan program pemberian bantuan bibit dan pupuk gratis kepada petani-petani di Kabupaten Lahat. “Hal ini merupakan salah satu langkah Pemkab Lahat dalam mendukung kemajuan dari Kopi Robusta Jarai tersebut,” ungkap Bupati Lahat.

Bupati Lahat juga mengatakan akan menindaklanjuti terkait permintaan hibah tanah dari Kakanwil. Pihaknya akan mengusahakan pembelian lahan sejumlah 3-5 hektar untuk pembangunan Lapas baru di Kabupaten Lahat.

Di akhir kunjungan, Kakanwil Ilham Djaya berharap agar sinergi yang telah terjalin baik antara Kemenkumham Sumsel dan Kabupaten Lahat terus berjalan dan menghasilkan inovasi-inovasi baru kedepannya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Lapas Lahat, Imam Purwanto, Kepala Bapas Lahat, Perimansyah, Kepala Bagian Hukum Kemenkumham Sumsel, Ave Maria Sihombing, Asisten 1 Kabupaten Lahat, Rudi Tamrin, dan Kabag Hukum Lahat, Haris Toteles.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × one =