Ada Sisi Positif dan Negatif Peranan Media Massa Dalam Pembangunan Daerah

  • Bagikan
Ilustrasi foto peranan media massa bagi pembangunan di Kabupaten Lahat.

LAHAT – Ada sisi positif, ada juga sisi negatif. Peranan media massa sangat penting bagi pembangunan di daerah. Terlebih zaman otonomi daerah, banyak kabupaten/kota yang memiliki potensi dapat dipublikasikan melalui media massa.

Ada dua sisi peranan media massa bagi pembangunan daerah.

Sisi positif peranan media adalah media massa membantu mempublikasikan melalui pemberitaan setiap kegiatan dan program Pemerintah Kabupaten.

Berbagai kegiatan OPD, kelurahan, kecamatan, sampai desa dapat dibantu oleh media massa dalam memberitakan kegiatan tersebut.

Dari pemberitaan itu, publik menjadi mengetahui kegiatan dan program Pemerintah Daerah.

Apalagi kalau informasi pemberitaan itu terkait dengan seputar pelayanan publik, pemberitaan sangat dibutuhkan.

Seperti pelayanan pembuatan identitas kependudukan, perizinan, perhubungan, kesehatan, dan lain sebagainya.

Melalui media massa, maka beban pemerintah menyampaikan program dan kegiatan kepada masyarakat akan tersampaikan.

Bisa kita bayangkan, kalau visi misi dan program kepala daerah sudah bagus dan rapi. Kegiatannya terealisasi. Tapi masyarakat tidak mengetahui kegiatan itu, maka akan sia sia saja.

Selain sisi positif, ada juga sisi negatif peranan media massa dalam membangun daerah.

Pemberitaan di media massa tidak semua menyiarkan tentang pembangunan.

Ada kalanya memberitakan pekerjaan ASN, pembangunan proyek bermasalah, bangunan yang rusak, irigasi jebol, demontrasi, dan masalah lainnya.

Sebagian orang biasanya ada yang keberatan terhadap pemberitaan itu.

Karena menganggap orang tersebut menilai peranan media massa hanya untuk mengganggu privasi mereka. Padahal tidak seperti itu cara berpikirinya.

Bahwa salah satu fungsi media massa adalah sosial controlling. Sebagai pengawas terhadap realisasi program dan pekerjaan kepala daerah beserta jajaranya.

Solusi yang terbaik dalam memaksimalkan peranan media massa terhadap pembangunan di Kabupaten Lahat, adalah antara media massa dan pemerintah daerah harus bersinergi satu sama lain.

Diberbagai kesempatan bertemu dengan awak media, Bupati Lahat Cik Ujang SH sering menyampaikan, peranan media bagi pembangunan daerah Kabupaten Lahat sangat penting sekali.

Dikatakannya, Pemerintah Daerah Kabupaten Lahat mempunyai kepentingan terhadap media massa. Yakni, membantu mempublikasi kegiatan dan program Bupati Lahat.

“Media massa dan Pemerintah harus bersinergi,” ujarnya saat menyampaikan sambutan di perayaan HPN 2023 di Pendopoan Rumah Dinas Bupati Lahat, 22 Februari 2023. (*)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × 4 =